Minggu, 08 Januari 2012

Makam Mbah Kwitang

– Siapakah Mbah Kwitang? Sosok dengan nama lengkap Habib Abdurrahman bin Abdullah Al Habsyi ini menjadi perhatian akhir-akhir ini lantaran makam persemayanan terakhirnya di Jl Inspeksi Kali Ciliwun yang awalnya akan dipindahkan tiba-tiba menjadi pusat perhatian masyarakat gara-gara menyemburkan air bersih.

Kejadian unik di Makam Mbah Kwitang

Foto Makam Mbah Kwitang

Foto Makam Mbah Kwitang (detikcom)

Kejadiannya berawal saat makam Mbah Kwitang hendak dibongkar, seketika itu keluar air yang menyembur dari dalam kuburan. Ini membuat banyak masyarakat yang ingin melihat dan berbondong-bondong datang untuk berebut air yang menyembur dari makam Mbah Kwitang.

Makam Mbah Kwitang sendiri selama ini dianggap keramat oleh masyarakat sekitar areal pemakaman. Karena dianggap keramat, maka air bersih yang keluar dari dalam makam dipercaya mampu untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Dalam penuturan salah satu ahli waris makam Mbah Kwitang yang bernama Habib Muhammad Amin bin Sholeh kepada Poskota, kucuran air semakin deras yang terjadi pada Senin (28/6). Hari demi hari volume air yang menyembur semakin deras. Lantaran dikhawatirkan akan menggenangi makam, maka air itu disedot keluar dengan menggunakan pompa.

Menurut Muhammad yang mengaku keturunan keenam dari Habib Ali Kwitang alias Mbah Ali Kwitang, air yang keluar dari makam Mbah Kwitang hanya merupakan fenomena alam.

“Saya tidak mau membenarkan atau menyalahkan animo masyarakat ini. Karena akan berdampak pada sikap syirik”

Jelas Muhammad, Habib Abdurrahman bin Abdullah Al Habsyi yang wafat pada 1881 ini merupakan ayah Habib Ali Kwitang, yang dipercaya sebagian masyarakat sebagai tokoh penyebar ajaran Islam di tanah Betawi.

Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat langsung menyatakan bahwa air yang keluar dari makam dinilai najis, lantaran air tanah makam terdapat banyak kotoran yang mungkin saja berasal dari jenazah.

“Kebersihan air itu harus segera diteliti,” kata Ketua Komisi Fatwa MUI Pusat, Mohammad Anwar Ibrahim.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons | Re-Design by PKS Piyungan